Saturday, December 19, 2009

lose one, why?

hari Sabtu kemarin, gue dapet satu pelajaran berharga banget. jadi gini, gue bikin mind map tentang satu mata kuliah yang akan di UAS kan. nah hari Sabtu itu, gue belajar bareng sama peer gue di kampus. terus tiba-tiba ada orang 'luar' peer, yang tiba-tiba join dan akhirnya belajar bareng sama gue. setelah beberapa saat, temen-temennya orang 'luar' ini pada dateng, dan salah satu temennya itu, sebut aja I, adalah orang yang gaya belajarnya gue sangat ga suka. dia itu sering banget nanya udah kaya Socrates, terus ga jelas dan jadinya annoying banget deh. ga suka banget gue sama dia. tambah ga suka lagi pas tau ternyata si orang 'luar' dan temen-temennya termasuk si I, ikutan belajar bareng gue. peer gue pada tau tentang sifat I dan akhirnya si I jadi dibikin bahan bercandaan sama gue dkk. jahat sih emang, tapi mau gimana lagi.

laluuuu, setelah gue dan peer gue menyudahi belajar, si orang 'luar' ini minta fotokopi mind map gue, nah dia bilang mau fotokopi juga buat temen-temennya, termasuk I. gue mikir, mind map tuh kaya daleman gue. gue ga mau sembarangan ngasih orang gitu aja. dan akhirnya gue nolak buat moto kopiin buat si I tapi kalo buat si orang 'luar' itu sih gue fine-fine aja walaupun rada ga rela. gue tuh ga suka mind map gue difotokopi bukan karena gue pelit ga mau ngasih catetan, tapi karena itu isi pikiran gue sepenuhnya, jadi kan gue takutnya kalo dia nanggepnya salah, ntar gue ketauan begonya, terus ntar gue disalah-salahin, akhirnya gue dapet impresi jelek dari orang. oh God, that's a big no no for me.

lalu, cerita berlanjut ketika mind map gue yang asli dipinjem oleh orang 'luar' untuk disalin beberapa kata yang di fotokopiannya ga jelas. somehow, tiba-tiba salah satu dari 7 mind map gue HILANG. dan yang hilang itu mind map terniat yang pernah gue bikin. SAKIT JIWA. sumpah gue mau kesel sama orang 'luar' juga ga bisa karena emang bukan salah dia sepenuhnya. yang gue seselin adalah:
1. kenapa tadi gue pinjemin? kan kalo gue ga pinjemin, itu mind map bakal aman-aman aja di dalem tas gue. *penyesalan tiada akhir :s
dan yang ke 2. mungkin itu karma gue karena ga ngebolehin motokopiin buat si I.
haa. as usual. khawatir berlebihan gue muncul. tapi ya gimana ya, gue selalu ngerasa apa yang gue pikirin dan lakuin, pasti akan ada balesannya. coba kalo misalnya gue motokopiin buat I dan temen-temennya, mungkin akhirnya ga bakal kaya gini. gue tau ini small deal banget, tapi hal ini bener-bener bikin gue ketampar dan akhirnya masalah ini bikin gue merefleksikan diri sendiri, evaluasi, dan mikirin segala kemungkinan yang ada. dan akhirnya yang gue bisa dapet adalah ikhlas dan hati-hati. gue harus ikhlas dalam melakukan segala hal. jangan pernah mandang siapa yang lo beri, tapi hal apalagi yang bisa lo beri. dan yang terakhir, gue harus hati-hati dalam menjaga barang & percaya sama orang, karena gue ga mau lain kali catetan gue atau barang gue hilang karena orang lain. sumpah ya itu sakit banget rasanya :'(
tapi yaudahlah yaa, semuanya udah lewat ini. dan segalanya tuh PASTI ada hikmahnya. gue sangat berpegang prinsip itu, bahwa semua yang terjadi itu pasti ada alesannya.

jadi, inti dari pelajaran yang gue dapet adalah, berbuat baiklah ke siapa aja, ikhlas, mau ke orang yang paling lo benci sekalipun, karena selanjutnya lo ga bakal tau apa yang terjadi sama lo, dan hal buruk yang terjadi ke elo, bisa jadi karena ulah lo sendiri.
"what you do is what you get"
gue janji. gue akan berusaha buat ikhlas dan selalu berbuat baik ke semua orang :) and you should try the same one ;)

may you have a good day,
S.A.A.L :*

No comments:

Post a Comment